Rooftop Garden, inikah solusi banjir di Jakarta ?

Ide dan Solusi - Banjir dan Jakarta, seakan bagai 2 sisi mata uang yang tak mungkin dipisahkan. Selain macet, masalah banjir di Jakarta memang tidak pernah ada habisnya. Berbagai cara sudah ditempuh, meski sudah berkurang dibeberapa wilayah, banjir masih menjadi langganan penduduk Jakarta setiap tahun.


Pesatnya pembangunan properti di Jakarta oleh para pengembang,
tentu saja berimbas pada berkurangnya daerah resapan air, apalagi jika tadinya lahan tersebut adalah lahan kosong.
Tidak ada yang patut disalahkan, karena kebutuhan properti untuk daerah dengan pertumbuhan sepesat Jakarta dan kota besar memang sepadan. Dalam arti lainnya, itu salah satu konsekwensi dari pertumbuhan suatu wilayah dan itu resiko dari sebuah kemajuan.

Kerja keras Ahok sebagai Gubernur DKI dan jajarannya, sudah mulai mengurangi beberapa wilayah terdampak banjir. Namun banjir rupanya masih memicu jajaran pemerintahan daerah dan pusat di Jakarta untuk terus bekerja keras memikirkan bagaimana caranya hingga banjir benar benar jauh dari ibukota negara Republik Indonesia ini.

Alterthing kali ini ingin memberi sedikit ide dan solusi yang mudah mudahan bermanfaat untuk mengatasi banjir di ibukota Jakarta. Salah satunya dengan memanfaatkan atap atap gedung untuk membangun rooftop garden.

Rooftop garden memang pernah populer ditahun 2010 silam. Di kawasan Asia, Jepang pernah membangun sebuah project kebun diatas atap gedung yang dinamakan city plan yang berlokasi di Tokyo. Hasil produksinya konon juga cukup baik. Ini mungkin berkat penerapan teknologi yang tepat, sehingga bisa membuat media tanah yang meski menempati area terbatas tetap bisa menghasilkan kualitas sayur yang baik.


Mr Cornick Place, usaha katering dan resto bekerjasama juga membangun rooftop garden atau kebun diatas atap terbesar di Chicago.


Rooftop Garden menjadi salah satu solusi untuk mengatasi problem global warming. Namun jika diamati, rooftop garden juga bisa jadi solusi untuk masalah polusi udara sekaligus menjadi wadah mengurangi debit air hujan di Jakarta. Namun, pengadaan rooftop garden ini mungkin akan lebih baik didukung oleh para pengembang, karena selain bermanfaat, saya yakin, Jakarta dan kota kota lainnya di Indonesia pasti akan jauh lebih cantik jika dilihat dari atas, lebih nyaman dihuni dan pasti kualitas udara akan jauh lebih baik.

Join International Model & Talent Agencies now


Semoga bermanfaat !!


Share on Google Plus

About Ambamadiun

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar